The Next Korean Top Girlgroup.


cvr

Kalian pasti penasaran kan Girlband Korea yang bakalan nge-top setelah SNSD dan juga 2NE1? sama, gue juga. Setelah bertahun-tahun lamanya, SNSD mendapat predikat “unbeaten girlgroup” dan juga menjadi ikon girlband yang mewakili Korea Selatan dan juga Asia. Begitu pula dengan 2NE1, dari jumlah viewers MV mereka, kita bakalan langsung tau seberapa populernya mereka di kalangan Girlgroup. Selain SNSD & 2NE1, masih banyak girlband lain yang membuat K-Pop / Hallyu Wave menjadi terkenal di mata dunia, beberapa diantara nya ada Wonder Girls, Miss A, F(X), APink, EXID, dan lain-lain. Dan tujuan gue ngebikin postingan ini adalah, membuat penentuan, kira-kira siapa yang bakalan menjadi The Next Korea No.1 Girlgroup.

Kita semua pasti tau, jaman-jaman 2014 sampe sekarang banyak banget girlgroup yang didebutin dari beberapa Agensi ternama di Korea Selatan. Terutama di tahun kemarin, alias 2015. Pada masa itu bisa dibilang musimnya Girlband Korea berjaya. Mulai dari Summer Comeback Competition yang berlangsung di pertengahan tahun 2015, sampe debut & comeback rookie group yang kerap dijadiin sebagai topik perbincangan. Nah, kebanyakan girlgroup yang dijadiin topik bahasan itu berasal dari golongan Rookie Group, alias kumpulan girlband yang baru debut atau belom lama debut. Berikut di bawah ini merupakan list Girlgroup Korea yang bakalan jadi TOP BGT di masa depan.

1. TWICE

twice

Visual, Skill, Talent, Lagu yang catchy, TWICE punya semua nya untuk menjadi sebuah girlgroup nomor 1. Begitu lah kata beberapa netizen di Korea. Debut di bawah naungan JYP dan terbentuk dalam proses survival show “SIXTEEN” menjadikan TWICE dikenal dengan baik di hadapan publik. Belum genap 2 bulan Debut, mereka udah menang Nominasi “Rookie Group of the Year” di MAMA. Lagu Debut Mereka (OOH AHH) juga masih mendapat posisi yang tinggi di Chart Lagu, beberapa bulan setelah debut. Setiap Member memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri yang membuat banyak kalangan Pria maupun Wanita yang ga segan-segan menjadi fans mereka. Bisa dibilang, TWICE ini termasuk dalam kategori “Monster Rookie” Untuk saat ini, viewers MV Debut mereka menyentuh angka 40 juta views! Sebuah angka yang cukup fantastis untuk Girlband Rookie.

Setelah beberapa Skandal yang menimpa, nampaknya ga membuat mereka kehilangan popularitas. Justru, dari hari ke hari TWICE semakin disukai publik  walaupun Kontroversi mereka menuai pro dan kontra.

2. Red Velvet

rv

Walaupun kerap dikritik publik dan menuai banyak Kontroversi di awal debut mereka, RV sudah membuktikan kalau mereka ga-selamanya-terpuruk dan juga bisa menjadi sebuah Girlgroup yang Populer. Hal ini dibuktikan oleh Comeback yang mereka lakukan pada Maret 2015 lalu yaitu Comeback dengan single Ice Cream Cake, yang menjadi awal kesuksesan mereka. Setelah Comeback ICC, RedVelvet menjadi semakin dikenal serta digemari publik. Koreografi yang unik juga menjadi nilai tambah sendiri bagi mereka. Selain itu, mereka juga kerap mendapat trofi penghargaan di Music Show serta memenangkan nominasi “Best Dance Female”

Mengenai popularitas, mereka bener-bener gabisa dibantahkan. Setiap Member RV punya kesibukan tersendiri. Mulai dari Joy yang jadi peserta di WGM, Irene yang jadi MC di Music Bank, Yeri yang ngeMC di Music Core, serta Seulgi&Wendy yang kerap tampil di beberapa Variety Show. Dari sini kita tentunya bisa mengira, kira-kira berapa banyak keuntungan yang bisa  mereka raup dari sektor Perindustrian Musik. Tentunya sangat banyak, ‘kan?

Dan, denger-denger sih dalam waktu dekat ini mereka bakal ngadain Comeback dengan Album Baru! Huhu, i’m waiting for you guys!

3. GFRIEND

gf.png

GFRIEND! Akhir-akhir ini mereka sering jadi perbincangan hangat di kalangan Kpopers. Mereka akhirnya bisa menunjukan kesuksesan mereka, kalo berada di naungan Agensi kecil, bukan berarti mereka ga bisa sukses layaknya Girlband dari Agensi Big 3 (SM,YG,JYP). Koreografi mereka juga pastinya Catchy banget, dan lirik lagu mereka tentu pastinya juga Relatable alias berkaitan sama kehidupan kita sehari-hari. Dan dari sini gue bisa menyimpulkan bahwa, kunci untuk menjadi sebuah Group yang sukses yaitu, kalian harus punya Lagu beserta Koreografi yang Catchy.

Terhitung dari Akhir Januari 2016 sampai sekarang (27 Februari 2016), GFRIEND sudah memenangkan 14 trophy di Music Show! Benar-benar angka yang fantastis untuk sebuah Rookie Girlgroup. Ditambah lagi, mereka punya saingan berat saat promosiin lagu baru mereka. Bahkan, GFRIEND menang nyaingin Taeyeon, WINNER, dan juga Zico. Dan untuk saat ini, mereka adalah satu-satu nya Girlgroup Rookie yang debut pada periode 2015 yang memenangkan Trophy di Music Show terbanyak.

Mereka pun meraih Perfect All-kill yang artinya mendapat posisi #1 di seluruh Music Chart Korea. Hope y’all did well in the future. Fighting!!

4. YGNGG (YG NEW GIRLGROUP)

tumblr_ni4srnDtYX1tuh8o9o1_500

Pertanyaan yang terbesit di benak setiap orang setiap kali ngedenger nama YGNGG,

Kapan debut ?

Ya begitulah kira-kira. Banyak rumor yang beredar kalo mereka bakalan Debut di Tahun 2012. Tapi mana buktinya? Sampe sekarang pun mereka belom ada tanda-tanda bakalan Debut. Beberapa Trainee yang aslinya jadi Member Tetap, udah banyak yang mengundurkan diri dan salah satunya ada yang Debut jadi Member The Ark.  

Sebenernya YGNGG terbagi dalam 2 tim. Tim yang pertama yaitu Team Kim Jennie yang terdiri dari dia sendiri, Kim Jisoo, Park Chaeyoung, Jinny Park, Lalisa Manoban, Cho Miyeon (confirmed out dari YG), dan Jang Hanna (denger-denger dia bakalan debut jadi Soloist.) Team ini kerap disebut sebagai “Pinkpunk”

Dan Team yang kedua, yakni Team Moon Sua (Peserta Unpretty Rapstar 2, sekaligus ade nya Moonbin ASTRO.) Member dari team nya Sua ini rata-rata kelahiran 99-02 lines. Dan mereka kerap disebut sebagai “Future 2NE1.” yang katanya bakalan debut di tahun 2016 ini.

5. Produce 101

jang-geun-suk_1453416593_produce101_1

Fyi, Produce 101 itu merupakan sebuah program Survival Show yang dibentuk oleh Mnet untuk menciptakan sebuah Girlgroup baru yang nantinya akan ada sekitar 11 Kontestan yang lolos dan dijadikan sebagai Member. Girlband hasil Produce 101 ini nantinya akan menggantikan SNSD sebagai Nation Group yang artinya, menjadi girlgroup nomor 1 di Korea Selatan. Girlband yang dibentuk akan Debut dibawah naungan YMC Entertainment (Agensi nya Ailee, Jessi, dll) selama 1 tahun lama nya, dan setelah itu member girlgroup yang sudah terbentuk akan dikembalikan ke Agensi nya masing-masing. Dan itu artinya, mereka hanya akan aktif selama 1 tahun. Setelah lewat dari setahun, mereka akan Disbanded alias bubar. Namun, mereka belum tentu akan bubar ‘sepenuhnya’ mengingat akan adanya perbaruan atau Revisi Kontrak di masa depan. Kita doain aja yang terbaik untuk 11 member yang terpilih ya guys!

Produce 101 menggunakan sistem Voting untuk menentukan Fixed Member yang akan didebutkan nantinya. Kim Sejeong (Trainee Jellyfish Ent), Jeon Somi (Trainee JYP), Pinky (Pledis Trainee), Chaeyeon, Cathy merupakan deretan Trainee yang kerap mendapat urutan 11 besar di Produce 101.

Menggunakan budget sebesar US$3.4 million atau 4 Milyar Won membuat Produce 101 menjadi proyek Survival Show termahal yang pernah diadakan di Korea Selatan. Oleh karena itu, gue rasa bakalan sia-sia banget kalo member yang terpilih cuma didebutin selama 1 tahun setelah itu balik ke Agensi nya masing-masing.

6. MAMAMOO

2a95HPr

Bisa dibilang, mereka itu punya konsep yang unik. Kualitas Vokal dan Rap mereka juga diatas rata-rata, sangat berbeda jika dibandingkan dengan Rookie Group masa kini. #stantalents. Member MAMAMOO juga sering ngerilis OST untuk beberapa Drama, yang tentunya membuktikan kalo mereka itu Talented. Debut di tahun yang sama dengan Red Velvet, membuat MAMAMOO & RV membangun relasi pertemanan yang baik.

Dan kalo boleh jujur, gue bakal menempatkan MAMAMOO di posisi pertama sebagai Girlgroup dengan Vokal terbaik.

7. Lovelyz

maxresdefault

Babysoul, Jin, Yoo Jiae merupakan deretan Member yang Debut sebagai Soloist sebelum bergabung dengan Lovelyz. Hal ini tentunya membuat Lovelyz berhak mendapat Predikat “Talented Rookie”. Mereka juga kerap disebut sebagai Queen of Acapella, dan kemampuan mereka untuk mengharmonisasi sebuah Lagu juga sempat dipuji oleh Media USA, yang artinya Bakat Member Lovelyz telah diakui di dunia Internasional. Kualitas MR Removed alias Live Vocal mereka juga sangat patut untuk diacungi jempol serta suara mereka sangat stabil dibandingkan dengan Rookie Group lainnya.

Dan menurut gue, kalo Lovelyz ngerilis lagu yang lebih Catchy atau lagu yang gak terlalu terkesan “cute”, mungkin mereka bakalan lebih digemari oleh publik. Mengingat konsep cute mereka kerap dikait-kaitkan dengan faktor “Plagiarisme” terhadap girlband yang telah debut sebelumnya.

8. CLC

image-jpg

Jujur, lagunya CLC itu lumayan enak didenger, tapi gue rada kasian sama mereka. Kenapa? Soalnya semenjak CLC debut, CUBE jadi mengalami defisit besar-besaran, yang ujung-ujungnya satu-satunya senjata mereka yang tersisa cuma comeback nya Hyuna. Gue gatau banyak tentang CLC, tapi berdasarkan Viewers MV mereka yang telah menginjak 5juta views lebih, mereka bisa dikategorikan sebagai Popular Rookie Group.

Dan ga berapa lama lagi, mereka bakalan Comeback dengan formasi baru yakni, formasi dengan 7 Member! Ada 2 tambahan member baru yaitu Elkie dan juga Kwon Eunbin (yang juga peserta Produce 101). Semoga dengan ditambahin nya kedua member tersebut, kalian bisa mendapat pengakuan dari publik!

9. Oh My Girl

oh-my-girl

Mereka sering banget dipuji publik karena Comeback dengan Konsep yang unik. Emang unik sih, konsep mereka juga rare banget alias jarang ditemuin. Dan, Lagu Debut mereka yakni Cupid, juga easy listening dan recommend banget buat K-Pop stan diluar sana.

10. WJSN / Cosmic Girls

wjsn

Punya 2 Manajemen yang berbasis di Korea Selatan & China, Punya Sub tertentu untuk promosi, Member yang banyak, kayanya bakalan menjadikan WJSN sebagai salah satu calon Girlgroup Top di Korea Selatan. Konsep mereka cukup unik, yakni penentuan member berdasarkan Zodiak.

Untuk saat ini, mereka boleh dapet banyak Hate Speech alias Hateful Comment dari kalangan Netizen, tapi untuk ke depannya, siapa tau mereka bakalan sukses banget. Karena pada dasarnya setiap Girlgroup Populer pernah melewati masa-masa dibenci oleh kalangan publik.


SIGN

Instagram | Twitter | Personal Blog

Advertisements

Comment Box.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s